Menyentuh Kepekaan Guru pada Lingkungan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa STKIP Kebangkitan Nasional atau Sampoerna School of Education (SSE) bekerjasama dengan The Green Teacher mengadakan Indonesian Youth Mini Conference (IYMC) 2011. Konferensi anak muda yang baru pertama digelar ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para aktivis muda dari berbagai daerah untuk berdiskusi, berbagi, dan saling menginspirasi mengenai lingkungan hidup.

Dilaksanakan di Gedung SSE, Jakarta, Sabtu (22/1/2011), IYMC ini mengusung tema "Youth Action for a Sustainable Future". Tiga topik utama yang diangkat adalah penemuan atau inovasi teknologi ramah lingkungan, kegiatan 3R (reuse, reduce dan recycle), serta aktivitas hijau. Pada ketiga tema ini digambarkan tentang pentingnya peran anak-anak muda untuk menciptakan masa depan cerah yang berkelanjutan.

"Kegiatan ini sepenuhnya diselenggarakan oleh mahasiswa, mereka hanya dibimbing oleh satu dosen pembimbing. Tujuannya untuk melatih kepekaan mahasiswa calon guru terhadap isu-isu lingkungan dalam dunia pendidikan dan cara pendidik berperan dalam menciptakan pembangunan yang berkelanjutan," tutur Prof Paulina Pannen, Dekan SSE kepada Kompas.com.

Kegiatan yang dimotori Yosea Kurniawan, mahasiswa SEE angkatan 2009, ini tidak hanya berupa seminar, melainkan juga Hands on Experience. Hal itu bertujuan untuk mendorong peserta berkampanye tentang lingkungan hidup melalui karya-karya kreatifnya seperti komik, drama, serta musik. Selain itu, IYMC juga menggelar sesi diskusi kelompok sebagai ajang saling mengenal dan memperluas jaringan komunitas mereka.

"IYMC mengundang anak muda Indonesia yang memiliki passion dalam penyelamatan lingkungan. Kegiatan ini memiliki dua fungsi, yaitu berbagi inspirasi dan menumbuhkan sosok inspiratif," jelas Yosea. (Penulis : Monica Dian Adelina | Editor : Latief )

Ilustrasi: Shuterstock

Ilustrasi: Inovasi teknologi ramah lingkungan, 3R (reuse, reduce dan recycle), serta aktivitas hijau dibuat sebagai tema untuk menggambarkan pentingnya peran anak muda untuk menciptakan masa depan cerah yang berkelanjutan.

0 komentar:

Poskan Komentar