Dosen Pendidikan Kok Jarang ke Sekolah!

JAKARTA, - Umumnya dosen perguruan tinggi pencetak tenaga kependidikan atau Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) jarang turun ke sekolah. Untuk praktik-praktik pembelajaran tersebut para dosen tidak tertarik kembali ke sekolah.


"Padahal justeru dari sinilah tanggung jawab pengajaran secara praktis dimulai," kata Michael Calvano, konsultan pendidikan dari DBE2 USAID, dalam diskusi virtual bagi para pimpinan dan komunitas LPTK yang digelar oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kebangkitan Nasional/Sampoerna School of Education (SSE) di Kampus SSE, Jakarta, Selasa (22/6/2010).

Michael mengatakan hal tersebut berdasarkan perjalanannya menjalani proyek-proyek pendidikan DBE2 USAID yang bermitra dengan perguruan tinggi kependidikan di Indonesia. Dia mengamati, selama menjalankan proyek itu, umumnya dosen-dosen perguruan tinggi atau LPTK tersebut tidak tertarik dan jarang turun langsung ke sekolah.

Di sisi lain, tambah Michael, fokus yang perlu diupayakan dalam pembekalan ICT sebagai pembelajaran bagi para pencetak tenaga pendidikan itu bukan semata pada pembelian ICT untuk pembelajaran, melainkan pada kemampuan para calon pendidik beradaptasi dengan sistem pembelajarannnya.

"Alat-alatnya harus mereka yang cari, sistemnya kita yang ajari," ujarnya.


Sumber
KOMPAS.com



Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Poskan Komentar