Pengawas Temukan Siswa Lulus Ikut UN Ulangan

Pengawas independen ujian nasional (UN) ulangan tingkat SMA sederajat di Kota Jambi mendapati ada siswa yang telah lulus UN mendaftar kembali ikut UN ulangan dengan tujuan memperbaiki nilai.

Pengawas independen Fahrudian Samuslim di Jambi, Senin menyatakan, adanya siswa yang telah lulus UN dan kembali ikut UN ulangan didasarkan pada jumlah lembar jawaban dan soal yang kurang.

Ternyata setelah ditelusuri ada beberapa siswa yang dinyatakan lulus masih ingin mengikuti UN ulangan yang katanya agar nilainya lebih baik lagi, ujar Fahrudian usai melakukan pengawasan di SMA IX Lurah Kota Jambi yang dijadikan salah satu lokasi UN ulangan.

Dari jumlah keseluruhan peserta UN ulangan di SMA IX Lurah Kota Jambi sebanyak 121 orang, tercatat kekurangan 15 lembar soal dan jawaban, sehingga diperkirakan penambahan peserta UN ulangan di sekolah tersebut mencapai 15 orang siswa.

"Ini akan menjadi catatan tersendiri dan akan kami laporkan ke Dinas Pendidikan, sebab pihak sekolah tidak memiliki wewenang untuk melarang siswa yang beinisiatif mengikuti UN ulangan dengan harapan nilai UN-nya bisa lebih baik lagi," kata tim pengawas independen dari Universitas Jambi itu.

Menurut Fahrudian, hal yang sama bisa saja terjadi di sekolah lain yang menjadi lokasi UN ulangan di Kota Jambi, karena itu pihaknya akan berkoordinasi dengan tim pengawas independen lainnya.

Secara terpisah, Kabag Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Jambi Jaharudin menegaskan, UN ulangan hanya diperbolehkan bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus UN reguler sebelumnya atau ada dua mata pelajaran UN yang nilainya empat ke bawah.

"Tidak ada aturan yang memperbolehkan siswa yang telah dinyatakan lulus UN masih bisa mengikuti UN ulangan dengan niatan memperbaiki nilai," ujarnya.

Meski begitu, Jaharudin mengaku belum menerima laporan resmi dari pihak sekolah maupun tim pengawas. Untuk itu, pihaknya akan mencoba mengkonfirmasi langsung kepada pihak sekolah yang bersangkutan.

"Kami akan konfirmasi langsung ke pihak sekolah, karena sebelumnya Dinas Pendidikan telah menegaskan bahwa UN ulangan hanya diperbolehkan bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus UN reguler," tegasnya.

UN ulangan tingkat SMA sederajat di Kota Jambi diikuti oleh 631 orang siswa. Lokasi pelaksanaan UN ulangan tersebut ditempatkan di enam titik sekolah. Diantaranya SMKN 1, SMKN 2, SMK swasta IX Lurah II, SMA swasta Alfallah, MAN Model, dan SMAN 7 Kota Jambi.

Sebelumnya, pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat di Kota Jambi digelar serentak mulai tanggal 22 Maret 2010 di 15 SMU/SMK negeri, 38 SMU/SMK swasta dan 16 Madrasah Aliyah negeri/swasta.

UN tingkat SMA sederajat di Kota Jambi diikuti oleh 9.247 siswa. Jumlah tersebut menurun dibanding peserta tahun 2009 yang mencapai 9.786 siswa.

Tahun ini, Dinas Pendidikan Kota Jambi menargetkan tingkat kelulusan 100 persen dengan nilai minimal untuk lulus 5,50.

Pada pelaksanaan UN tingkat SMA tahun 2009 lalu tingkat kelulusan mencapai 92,7 persen. Angka tersebut meningkat 7 persen dibanding hasil UN pada tahun 2008.



Sumber
Jambi (ANTARA News)


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Poskan Komentar