Ujian Nasional Dihapus, DKI siapkan Standar Nilai Provinsi

Jakarta ( Pos Kota ) - menyusul dihapuskan Ujian Nasional (UN), DKI siapkan Standar Nilai Provinsi (SNP). Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi jika Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) memberikan kewenangan kepada daerah untuk menentukan nilai kelulusan.


''kami masih menunggu Depdiknas. Jika kami harus berinisiatif, kami akan siapkan standar provinsi'' ujar kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudhi Mulyanto.

Ditambahkannya, hal ini sebagai alternatif. Pasalnya untuk mengukur kemampuan siswa dalam bersaing diperlukan standar nilai untuk pengukuran kemampuan. Tidak hanya dalam negeri, tapi juga persaingan dengan sekolah atau siswa luar negeri. ''padahal melalui UN siswa dapat lebih terpacu untuk berprestasi'' sambungnya .

Menurut Taufik, penghapusan UN bukan merupakan solusi, terlebih alasan penghapusan tersebut lantaran banyak daerah tidak mampu menjangkau tingkat kelulusan yang ditetapkan. Namun seharusnya bagaimana menyiapkan siswa untuk dapat lulus.

DIBUAT MENYELURUH
sedangkan sebagai kawasan ibukota, DKI siap pelopori pemberian standar provinsi jika kebijakan ini secara nasional dihilangkan. Nantinya standar akan dibuat menyeluruh dan mengikat lima wilayah DKI.

Jika hal itu tidak dilakukan, maka akan terjadi penilaian berbeda. Seperti Jakarta Barat standarnya A, Jakarta Selatan standarnya B, hal itu akan membingungkan di tingkat provinsi.

Lebih lanjut Taufik mengaku tetap optimis dalam meningkatakan kualitas siswa. Meskipun UN dihapus. ''untuk merumuskan metode baru, dalam waktu dekat kami akan kumpulkan pakar pendidikan'' lanjut Taufik.

Sementara terkait hal ini, Wanda Hamida, anggota komisi E DPRD DKI, mengaku akan membahas masalah ini setelah ada konsep dari pemerintah. Politisi PAN ini menilai UN tidak mesti menentukan kelulusan siswa. Namun selanjutnya nilai yang siswa peroleh dari ujian akan menentukan laik atau tidaknya masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). ''saya setuju UN dihapuskan namun standar penilaian perguruan tinggi harus diterapkan'' tandas Wanda. (guruh/ak/9)

sumber :www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/11/28/un-dihapus-dki-siapkan-snp

0 komentar:

Posting Komentar