Kikir Sampai Akhir

Ketika lelaki sangat kikir yang mendapat julukan “hantu kikir” meninggal dan pergi ke neraka, Raja Yama mencelanya sambil berkata, “Kamu hantu kikir! Ketika engkau hidup, engkau berpegang erat pada segala sesuatu dan tidak mau memberi kepada sesama. Meskipun engkau melihat yang lain melarat dan miskin, engkau menolak memberikan bantuan kepada mereka. Engkau juga tidak mengurus orangtuamu dengan baik, sanak saudara atau teman serta membiarkan mereka menderita dan mati kelaparan. Untuk karma jahatmu, engkau akan dibuang kedalam panci yang berisi minyak mendidih.
"Kepala penjara neraka mengiring lelaki kikir itu ke panci berisi minyak mendidih, dan ketika mereka tiba ia melihat ke dalam panci dan berkata. “Hei! Tunggu sebentar! Ada banyak minyak di dalamnya. Suatu pemborosan! Tolong keluarkan minyaknya, jual dan berikan uangnya padaku. Kemudian kalian lebih baik membuang saya ke dalam panci yang berisi air mendidih! Itu tidak memerlukan minyak.
Kalian menggunakan terlalu banyak minyak untuk menggoreng seseorang!"


Efie Parabang
Mahasiswa S2 MP1 Unmul

===========================================
Ada seorang lelaki kaya yang buta huruf, dan suatu hari seorang lelaki kaya yang lain mengirimkan seorang kurir dengan surat untuknya. Malu untuk mengakui bahwa ia tidak dapat membaca, ia berkata kepada kurir agar kembali ke tuannya dan menyampaikan kalau ia akan datang beberapa saat lagi. Tapi sebenarnya ia ingin mencari seseorang untuk membacakan surat untuknya.
“Itu tidak perlu! Kami hanya ingin meminjam kudamu, bukan engkau. Jadi engkau tidak perlu datang lagi,” jawab sang kurir.

0 komentar:

Posting Komentar