Pendidikan Untuk Anak-anak di Lokalisasi

Konvensi Hak Anak, diantaranya adalah Hak anak untuk mendapatkan pendidikan. Termasuk pula dengan anak-anak yang termarjinalkan secara ekonomi dan sosial.
Anak-anak jalanan, Insya Allah sudah ada banyak yang tergugah untuk memperhatikannya. Lalu bagaimana dengan anak-anak yang ada di Rutan, Lapas dan Lokalisasi?

Pendidikan untuk anak-anak di daerah lokalisasi mulai harus dilirik jika kita ingin memutus mata rantai prostitusi, traffiking dan premanisasi di masyarakat.Walaupun hasilnya tidak segera dapat dilihat dengan langsung. Pendidikan kepada mereka hasilnya baru bisa dinikmati mungkin bukan pada masa kita tapi anak-anak atau bahkan cucu kita.

Anak-anak tersebut anak-anak usia sekolah yang dikarenakan kondisi lingkungan yang ada mereka menjadi terkondisikan untuk meniru perbuatan-perbuatan orang dewasa di sekitarnya. Belum lagi dampak penyalahgunaan narkoba di kalangan mereka akibat mencoba-coba meniru kebiasan orang-orang disekitarnya.

Makanya terkadang miris, jika saya malu jika mengeluhkan kondisi murid-murid saya di sekolah formal tempat saya mengajar. Bagaimana dengan para relawan yang mengajar untuk anak-anak yang termarjinalkan secara ekonomi dan sosial seperti ini.

Pendidikan adalah tanggung jawab sosial kita. Mohon bantuan dan masukannya untuk kurikulum dan materi ajar di lokalisasi. Beberapa teman-teman relawan memerlukannya. Saya beberapa waktu lalu hanya mengusulkan pengklasifikasian anak berdasarkan jenis kelamin dan usia, sekolah dan tidak sekolah, lalu membuat Kelas Kejar Paket dan Bimbel, Kelas Motivasi dan Konseling, kelas keseniaan dan keterampilan.
Mohon kesediaannya untuk membantu bahan dan meteri ajar, bantuan buku-buku cerita untuk merintis perpustakaan di daerah lokalisasi tersebut.

Bantuan teman-teman semua sangat diharapkan dan dapat disampaikan kepada
Yayasan Sosial Anak Lentera Mahakam
Jl. Sultan Sulaiman Gang Pelita 2 Sambutan Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda Prop.Kalimantan Timur
cp. Akhmad Zamroni, 081347612901
atau
Fatmawati, 085246515875
SMK Negeri 4 Samarinda
Jl. KH. Akmad Dahlan No. 4 Samarinda Kalimantan Timur

0 komentar:

Posting Komentar