KGI: Profesi Guru Sejajar dengan Dokter

Klub Guru Indonesia (KGI) saat ini sudah diakui keberadaaannya melalui izin Kementerian Hukum dan HAM melalui induk organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI). Diharapkan, pengakuan itu menjadikan KGI semakin berkembang untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme para guru.

Demikian dikatakan oleh Ketua KGI Pusat Satria Darma menanggapi penandatanganan kerja sama antara KGI dan PT Telkom Tbk dalam penyediaan ponsel Flexi-Klub Guru Indonesia. "Sehingga kini para guru sejajar dengan profesi lain seperti ikatan dokter maupun profesi lainnya," kata Satria kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2010).

Untuk itu, kata Satria, KGI merasa penting menjalin kerja sama dengan PT Telkom terkait penyediaan ponsel Flexi-Klub Guru Indonesia tersebut. Di era teknologi saat ini, kebutuhan informasi bagi guru dalam meningkatkan profesionalitasnya semakin tak terbatas hanya di sekolah.

Ponsel tersebut, kata Satria, menyediakan fitur-fitur yang mendidik, di antaranya Info KGI yang berisi info terbaru KGI, kegiatan seminar atau worskhop. Adapun konten lainnya berupa ragam informasi lengkap tentang karya tulis ilmiah (KTI), mulai daftar KTI Pilihan yang bisa dijadikan sumber inspirasi, tema-tema KTI, serta status KTI para guru. Selain itu, ada juga Kios Buku dan Kios Digital yang akan diisi berbagai novel digital yang bisa diakses dengan mudah di mana dan kapan saja.

"Indikator yang gampang dikenali tentang ciri-ciri negara-negara maju adalah melalui maju tidaknya dunia pendidikan dan para pendidiknya alias guru. Untuk itulah kalau Indonesia ingin maju, tidak ada pilihan lain selain harus memajukan dunia pendidikan," ujar Satria.

Sumber
Selasa, 16 Februari 2010 | 15:41 WIB

M.LATIEF/KOMPAS IMAGES

JAKARTA, KOMPAS.com —

0 komentar:

Posting Komentar