PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Rama Royani (Abah)
Ketua KGI DKI

DEFINISI MENURUT PSIKOLOGI
Personality can be thought of as comprised mainly of temperament and character.
• Temperament is “how a person feels”, and
• Character is “how a person makes other people feel”
Our temperament is a set of in-built dispositions we are born with. It is mostly unalterable. In other words, our temperament is our nature.
Our character is largely the outcome of the process of socialization, the acts and imprints of our environment and nurture on our psyche during the formative years (0-6 years and in adolescence).

PENGERTIAN TENTANG KARAKTER YANG UMUM YANG DISEBUT SEBUT DALAM “MEMBANGUN KARAKTER”

“Jangan memanjat pohon yang salah”
Untuk memetik hasil buah kita harus memanjat, masalahnya adalah bahwa setiap manusia sebagai utusan Allah memiliki tugas yang berbeda-beda yang berarti bahwa buah yang harus dipetiknya berbeda-beda. Apabila dengan susah payah memanjat pohon untuk memetik buahnya ternyata buah yang salah maka kita hanya akan membuang waktu, energi dan biaya. Dengan begitu kita harus tahu pohon yang mana yang harus dipanjat. Setelah berhasil memanjat pohon yang benar dan memetik buahnya, maka tugas berikutnya adalah memberikan buah tersebut kepada yang memerlukannya.
Jadi disini ada tiga tahapan dan pengertian yang penting:
Pertama : Memilih pohon yang benar yang berarti memilih karir yang benar
Kedua : Memetik Buah yang berarti meraih hasil
Ketiga : Membagikan buah yang berarti memberikan kontribusi kepada yang membutuhkannya

1. Untuk dapat memilih karir yang benar, gali dan temukan kegiatan yang anda suka, mudah melakukannya, hasilnya maksimal dan bermanfaat [dapat dilakukan dengan test minat/bakat seperti Talents Mapping].
a. Usaha mengenali Bakat dan Potensi ini sangatlah penting, karena mereka yang bekerja sesuai dengan Bakat dan Kekuatannya, sebagian besar performance character akan muncul dengan sendirinya..
b. Orang yang beraktivitas sesuai Bakat & Potensi Kekuatannya, biasanya lebih disiplin, lebih bersemangat, lebih tekun, lebih kreatif, lebih bertanggungjawab.
2. Untuk dapat meraih hasil maka anda harus tekun,kerja keras, disiplin pribadi,rajin, aktif mencari jalan keluar,memiliki etika kerja, penuh tasa tanggung jawab dan ini semua dinamakan Performance Character [karakter kinerja] yang merupakan kwalitas kwalitas untuk mencapai hasil.
3. Untuk dapat memberikan kontribusi kepada orang lain dan lingkungan,maka ybs harus seorang yang baik hati, ramah, berjiwa sosial,memiliki keperdulian terhadap orang lain, jujur,bertanggung jawab, dermawan, berempati, senang mendahulukan orang lain yang dinamakan Moral Character [karakter moral] yang merupakan kwalitas-kwalitas untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan

Memiliki Performance Charater tanpa Moral Character akan menghasilkan orang hebat yang bisa merugikan orang lain.
Memiliki Moral Character tanpa Performance Character akan menghasilkan orang baik yang tidak produktif.

APA YANGTELAH DAN AKAN DILAKUKAN OLEH KGI-DKI.

Dalam rangka menggali dan menemukan bakat dan potensi kekuatan Guru, KGI-DKI telah memiliki peta kekuatan dari sekitar 800 Guru DKI dan insyaallah akhir bulan Pebruari 2010 akan mencapai 2000 Guru.
Bakat dan Potensi Kekuatan Guru diatas akan disajikan didepan Mendiknas pada tanggal 13 Pebruari 2010 dalam tampilan flash yang menarik dan informatif.
Kegiatan diatas merupakan langkah awal dari mimpi KGI-DKI yang ingin memetakan seluruh guru di DKI yang berjumlah 100.000 orang dimana dengan informasinya ini Dinas Pendidikan DKI dapat memanfaatkannya untuk berbagai keputusan strategis dalam usaha membangun Performance Character Guru sebelum dapat ditularkan kemasing-masing anak didiknya

USAHA SEKUAT SEPENUH HATI DAN TENAGA UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG SESUAI DENGAN POTENSI MASING MASING AGAR BISA MEMBERIKAN KONTRIBUSI SEBESAR-BESARNYA BAGI DUNJA

Catatan : Makalah ini disampaikan dalam acara Sarasehan Guru KGI DKI pada hari Sabtu, 13 Februari kemarin yang dhadiri sekitar 840 guru di aula Telkom jl Gatot Subroto, Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar