70% Karya Ilmiah Untuk Sertifikasi Guru Berupa Jiplakan?

Pagi ini (29/11) insya Alloh KGI akan memulai gerakan guru menulis dengan mengadakan "Semiloka Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru", bertempat di Gedung Indosat, Jl. Kayun 72 Surabaya. Dua minggu kemudian, peserta dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil untuk mengikuti diklat selama 2 hari (12-13 Desember 2009). Alumni diklat diharapkan sudah mulai menulis, dan mengikuti bimbingan secara online melalui mailing list yang akan dibuat khusus, dengan dipandu para trainer dan redaksi Jurnal Klub Guru. Naskah yang dihasilkan para guru akan diteritkan dalam Jurnal Klub Guru, dalam bentuk cetakan maupun elektronik (e-journal).


Banyak pihak mengemukakan bahwa karya tulis ilmiah yang diserahkan para guru dalam mengikuti sertifikasi guru kebanyakan hasil jiplakan. Suara Merdeka menyebut angka kecurangannya hingga 70% (silakan baca: 70% Karya Ilmiah untuk Sertifikasi Berupa Jiplakan). Sebuah angka yang mengerikan.

Faktanya, memang tak banyak guru yang bisa membuat karya tulis. Bukti pendukung yang gamblang adalah, tak banyak guru yang bisa naik ke golongan IV B. Kebanyakan terhenti di golongan IV A, karena memang untuk naik lagi dipersyaratkan guru harus mampu mengembangkan profesinya, salah satunya dengan membuat karya tulis ilmiah.

Jika mulai tahun depan, 2010, kemampuan membuat karya tulis jadi diberlakukan sebagai persyaratan kenaikan pangkat dari III B ke III C, tentu jumlah guru yang karirnya terhenti di golongan III B akan makin besar. Sampai pensiun tetap III B. Untuk mengantisipasi kondisi ini, semua pihak memang perlu bahu membahu mengubah situasi ini. Guru harus berlatih, kalau bisa sedini mungkin, tidak menunggu hingga IV A baru belajar tentang KTI.

STOP kecurangan menjiplak karya tulis ilmiah orang lain. STOP membeli karya ilmiah yang sudah jadi. Selamat berlatih menulis guru Indonesia. Bisa itu karena biasa. Tak ada yang tak mungkin, jika kita mau berusaha mencapainya. Insya Alloh reportase kegiatan nanti akan disampaikan lewat milis.

Catatan:
Semua peserta Semiloka KTI hari ini Insya Alloh juga akan mendapat UNDANGAN GRATIS mengikuti seminar teknologi untuk guru bersama Pak Onno Purbo, Pak Budi Wahyu Jati (Intel Indonesia Corporation) , Minggu (6/12) di Isyana Ballroom, Hotel Bumi Surabaya. Ada HADIAH UNDIAN NOTEBOOK DAN HADIAH MENARIK LAINNYA persembahan para sponsor. Untuk info lebih lengkap silakan hubungi Mbak Iis (031) 70009292.


Sumber

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2009/04/21/60273/70..Karya.Ilmiah.untuk.Sertifikasi.Berupa.Jiplakan

dan

Mohammad Ihsan,
Sekjen Klub Guru Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar