Mendiknas Minta Guru Jalankan UN

Jakarta, 1/12 (ANTARA) - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengimbau para guru untuk tetap menjalankan Ujian Nasional (UN) pasca keputusan Mahkamah Agung (MA) yang memutuskan pembatalan UN.


Dalam pidatonya pada peringatan ke-64 Hari Guru Nasional di Gedung Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa, M Nuh mengatakan UN tetap harus berjalan.

Meski demikian, ia menjanjikan UN pada 2010 dengan format yang berbeda dengan sebelumnya.

Namun, Mendiknas tidak menjelaskan format berbeda seperti apa yang ia maksudkan. "Kalau menuruti kemauan, maunya lulus tidak pakai ujian. Makanya walau agak berbeda, Insya Allah UN tetap harus jalan dan para guru tetap harus menjalankannya, " tuturnya.

MA dalam keputusan tingkat kasasi meminta pemerintah sebagai pihak tergugat untuk tidak melaksanakan UN dengan alasan pemerintah telah gagal dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.

Dalam pidatonya, M Nuh mengatakan pemerintah memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mulai dari meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru sampai meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan."Itu terus menerus tidak pernah habis kita tingkatkan," ujarnya.

M Nuh juga mengatakan salah satu komitmen Depdiknas adalah untuk membangun anak didik yang berkarakter, berkepribadian, dan berbudaya unggul.

Untuk itu, menurut dia, orientasi pendidikan yang dilaksanakan tidak hanya mengukur hasil kegiatan belajar mengajar dari segi kuantitatif, tetapi juga kualitatif.

Untuk mewujudkan itu, M Nuh mengatakan, Depdiknas bermaksud merumuskan kembali metode pengajaran kepada peserta didik seperti menumbuhkan kembali rasa penasaran peserta didik berbasis intelektual.

Dengan cara itu, diharapkan tumbuh keberanian inovasi dan kemampuan menghadapi persoalan dari para peserta didik.
(T.D013/
(T.D013/B/E001/ E001) 01-12-2009 18:57:20

0 komentar:

Posting Komentar