Alokasi pendaftar siswa baru dari luar kota 20%

Solo (Espos)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo tengah merancang pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB) secara online pada tingkat SMP dan SMA/sederajat. Diperkirakan pelaksanaan pendaftaran akan digelar pada awal Juli mendatang.

Menurut Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo, pelaksanaan PSB tahun ini dinilai lebih ketat karena pendaftar akan bersaing dengan peserta dari luar kota. Dia mengatakan, jika tahun lalu alokasi untuk penerimaan pendaftar dari luar kota mencapai 10% di satuan pendidikan, tetapi kini dengan mengacu pada daftar kependudukan alokasi untuk luar kota mencapai 20%.

“PSB online tahun ini memang lebih ketat, tetapi untuk pelaksanaannya tidak jauh berbeda yang dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas dia ketika dihubungi Espos, Kamis (27/5).

Terkait hal tersebut, sambung dia, jika tahun lalu pendaftar mendapatkan dua kesempatan yakni satu sekolah negeri dan satu sekolah swasta, kedepan pihaknya akan memberlakukan kebijakan untuk memberi pendaftar empat peluang yakni dua sekolah negeri dan dua sekolah swasta.

Namun apabila dengan mendapatkan kesempatan mendaftar ke dua sekolah negeri masih gagal, maka siswa tersebut dianggap gagal. “Kami juga akan memberikan edaran terkait dengan range nilai yang dapat digunakan untuk memprediksi pendaftar,” jelas dia.

Dia menambahkan, dalam proses PSB tersebut walimurid diimbau untuk tidak memaksakan kehendak untuk mendaftarkan peserta di sekolah yang belum tentu sesuai dengan kemampuannya. “Saya mengimbau walimurid untuk mengukur kemampuan berdasarkan kompetensi dan minat peserta didik,” jelasnya.


Sumber
Solopos.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Poskan Komentar