Disdikpora tetapkan nilai sumbangan pengembangan sekolah

Solo (Espos)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo berencana untuk menetapkan kriteria nilai sumbangan pengembangan sekolah pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2010/2011.

Terkait hal tersebut, Ketua Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS), Ichwan Dardiri mengatakan biaya pengembangan sekolah merupakan tanggungjawab pemerintah, namun demikian pihak sekolah dapat melibatkan walimurid secara bersama-sama dapat mendukung kebutuhan sekolah. Dana pengembangan sekolah tersebut dapat berupa penunjang kegiatan belajar hingga pembangunan secara fisik.

“Tapi sifat sumbangan kan tidak memaksa, artinya bagi mereka yang tidak mampu sekolah harus membebaskannya,” jelas dia ketika dihubungi Espos, Minggu (30/5).

Dia mengatakan, peran komite sekolah dinilai penting karena selain untuk mengkoreksi mereka juga harus mampu memberikan masukan pada draf yang diajukan pihak sekolah terkait program pengembangan tersebut. Selain draf kebutuhan harus disusun secara proposional, program yang diajukan sekolah harus sesuai dengan kebutuhan dan manfaat.

“Harus proporsional pengajuan draf kebutuhannya, dan dalam hal ini peran komite sangat berpengaruh,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo mengatakan sumbangan pengembangan institusi yang diajukan pihak sekolah harus memiliki program yang jelas secara jangka panjang.

Selain itu, pihak sekolah harus memberlakukan subsidi silang artinya siswa yang kurang mampu mendapatkan dukungan dan keringanan dalam pembayaran. “Bedakan dengan iuran, pihak sekolah dapat memberlakukan subsidi silang untuk membantu siswa dari keluarga yang kurang mampu,” jelas dia. Lebih lanjut, dia mengungkapkan, terkait hal tersebut pihaknya akan membuat surat edaran kepada sekolah terkait kriteria pemberlakuan sumbangan. Secara langsung tim Disdikpora akan memantau penggunaan dana secara by name.

“Berbeda dengan laporan tahun sebelumnya, selain melaporkan penggunaan dana kami akan minta laporan sumbangan dari masing-masing walimurid secara by name,” jelas dia.


Sumber
Solopos.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Poskan Komentar