Mengurangi Berat Badan dengan Pola Makan Mentah

Kebanyakan orang terlalu banyak makan makanan yang sudah dimasak. Hampir tiap saat kita makan makanan yang sudah diproses, makanan dari produk hewani dan /atau makanan cepat saji yang penuh dengan pengawet, perasa dan pewarna. Makan berlebihan menyebabkan berbagai permasalahan bagi tubuh kita. Salah satu masalah yang timbul dari terlalu banyak makan atau mengkonsumsi makanan yang buruk adalah menjadi kegemukan.


Hal ini merupakan epidemi yang mengakibatkan banyak permasalahan dalam masyarakat. Hal ini juga merupakan krisis dalam masyarakat dan banyak orang yang tak tahu apa yang harus mereka lakukan. Makan mentah adalah jawaban yang lengkap untuk permasalahan ini.


Makanan mentah membantu mengurangi berat badan dan mempertahankan berat badan ideal kita, yaitu jika kita melakukannya dengan tepat. Kita harus makan makanan yang seimbang yang dapat memberikan segala kebutuhan tubuh kita untuk mencapai puncak kesehatan kita.


Pola makan dengan kadar makanan mentah yang tinggi, yang terdiri atas buah dan sayuran, membantu kita mengurangi berat badan atas sejumlah alasan. Makanan mentah mempunyai sangat sedikit lemak yang tidak sehat, rendah kalori, kaya serat, vitamin dan mineral. Makanan mentah akan membantu kita mengatasi “keinginan” makan permen atau gula atau yang manis-manis, dan menjaga energi tubuh kita tetap stabil sehingga kita tidak akan berlebihan makan, yaitu karena kita tidak menjadi terlalu lapar atau menjadi kelelahan akibat kita makan terlalu banyak “makanan mati” (dimasak).


Ketika kita makan yang kaya dengan nutrisi tetapi rendah kalori, lemak kita akan hilang dengan lebih cepat.


Dengan menggabungkan lebih banyak makanan mentah ke dalam pola makan kita, kita akan menjadi dapat bertindak lebih efektif, berpikir lebih jernih tentang apa yang kita masukkan ke dalam tubuh. Kita juga akan makin menyadari bahwa kesehatan adalah sangat penting.


Dengan makanan makanan mentah lebih banyak maka metabolism tubuh kita akan berubah ke suatu tingkat interaksi sel yang dapat mengatur hormon sehingga nafsu makan kita akan terkendali dengan baik dan kita tidak akan makan makanan yang tak diperlukan oleh tubuh kita. Tubuh kita akan dapat mencera makanan dengan lebih baik sehingga memungkinkan kita mengurani rasa lapar serta keinginan besar atas makanan buruk yang berupa produk hewani dan segala macam produk yang diproses yang akhirnya akan membuat berat badan kita berlebihan dan mengalami berbagai permasalahan berikutnya. Jika kita tidak memasukkan segala macam racun kimia yang terdapat pada berbagai macam produk hewani (dioksin, logam berat, antibiotika, pestisida, insektisida, hormon pertumbuhan dst) dan produk olahan, tubuh akan dapat membuang segala macam sampah yang tersisa di dalam tubuh kita dan membuang sel-sel lemak yang tidak kita inginkan yang terakumulasi dari waktu ke waktu.


Dari berbagai majalah peternakan internasional, ternyata hewan ternak akan jauh lebih mudah bertambah berat badannya jika mereka diberikan makanan yang matang dan campuran produk hewani (seperti ikan dan juga sisa-sisa tulang ternak yang dihancurkan yang didapat dari pejagalan). Jika kita ingin mereka tetap langsing maka berikanlah lebih banyak makanan mentah kepada mereka. Begitu juga dengan kita, dengan melihat kenyataan itu, kita tahu bahwa makanan yang matang atau yang sudah diproses adalah sama sekali tidak benar. Cara yang paling benar untuk mengurangi berat badan adalah bukan dengan cara makan tanpa lemak, tanpa gula atau rendah kalori, tetapi dengan menghindari produk hewani dan lebih banyak makan makanan mentah. Banyaklah makan buah dan sayuran. Usahakan sebisa mungkin juga yang organik dan lokal. Perlu lokal, karena biasanya buah dan sayuran yang tersedia sangat terpengaruh oleh musim, dan mereka tersedia sesuai kebutuhan kita pada musim itu.


Dengan makan makanan mentah, organik dan lokal, serta tanpa produk hewani, dengan sendirinya, yaitu secara alami, kita akan mencapai keseimbangan makanan yang kita perlukan tanpa kita risau dengan keperluan nutrisi atau mencari suplemen dari berbagai hal.


Sebuah resep sederhana : jika kita benar-benar ingin menurunkan berat badan, makanlah dua wortel organik lokal sebelum kita makan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar