DPRD khawatirkan kecurangan saat UN ulangan

Yogyakarta–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta mengkhawatirkan akan semakin tingginya tingkat kecurangan siswa saat mengikuti Ujian Nasional (UN) ulangan.

“Saya yakin, kecurangan akan semakin tinggi saat UN ulangan berlangsung karena ujian tersebut adalah kesempatan terakhir untuk mereka agar bisa lulus sehingga mereka akan melakukan segala upaya untuk bisa lulus,” kata Ketua Komisi D DPRD Kota Yogyakarta Sujanarko di Yogyakarta, Sabtu (15/5).

Menurut dia, pihaknya akan menjalankan fungsi pengawasan yang dimiliki lembaga legislatif tersebut agar pelaksanaan UN ulangan, khususnya untuk tingkat sekolah menengah pertama dan sederajat yang akan dilakukan pada 17-20 Mei berjalan dengan jujur.

Ia pun menyatakan, pengawasan tidak hanya akan dilakukan kepada siswa tetapi juga kepada guru atau pun sekolah yang bersangkutan. “Pengawasan ini yang harus diketatkan, tetapi pengawasan juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena bisa mengganggu konsentrasi siswa lainnya yang memang mengikuti ujian tersebut dengan jujur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Syamsury menyatakan, naskah soal UN ulangan sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah yang ditunjuk menjadi kelompok kerja (pokja) pada pelaksanaan UN ulangan mendatang.

“Hari ini sudah mulai didistribusikan. Pendistribusian juga dilakukan dengan pengawalan ketat, dijaga polisi dan saat disimpan juga dijaga dengan ketat,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, tingkat kebocoran soal pada saat UN ulangan pun akan sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.

“Saya optimistis, pelaksanaan UN ulangan untuk SMP dan sederajat juga dapat dilakukan dengan jujur dan tidak ada kecurangan,” katanya.

Jumlah siswa di Kota Yogyakarta yang harus mengikuti UN ulangan untuk tingkat SMP/MA/SMP Terbuka adalah sebanyak 1.763 siswa dengan 1.674 siswa diantaranya harus mengulang untuk mata pelajaran matematika.



Sumber
Solopos.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Poskan Komentar