Jadwal UNPK dipastikan mundur

Solo (Espos)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo memastikan mundurnya jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK). Mundurnya jadwal tersebut disebabkan adanya Ujian Nasional ulang bagi siswa yang belum lulus pada UN utama.
Oleh: Dina Ananti Sawitri Setyani

Kepala Disdikpora Solo, Rakhmat Sutomo mengatakan, berbeda dengan tahun lalu, pelaksanaan UNPK akan digelar pada pekan ketiga bulan Juni. Sebelum ini, UNPK dilaksanakan bulan Mei. “Siswa yang belum lulus pada UN ulang masih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan kesetaraan. Ijazah pendidikan kesetaraan tersebut dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. ” jelas dia ketika dihubungi Espos, Jumat (21/5).

Rakhmat menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan petunjuk pelaksanaan UNPK paket A (setara SD), paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA).dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kendati belum membaca petunjuk pelaksanaan itu secara rinci, dia mengatakan UNPK yang khusus untuk pendidikan kejuruan juga akan digelar tahun ini. “Masih ada beberapa berkas terkait pelaksanaan UNPK kejuruan yang belum saya terima utuh,” jelas dia.

Dia menegaskan, karena pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pelaksanaan ujian kesetaraan maka ijazah pendidikan kejuruan yang akan diperoleh siswa secara otomatis diakui dan dapat digunakan untuk menunjang karir mereka. Disinggung mengenai anggaran pelaksanaan UNPK, Rakhmat mengaku belum dapat berkomentar lantaran masih menunggu petunjuk lebih lanjut terkait penyelenggaraan ujian itu. “Setelah petunjuk pelaksanaannya jelas, kami akan segera menyosialisasikannya,” paparnya.

Terpisah, Ketua Panitia Penyelenggara UN Jawa Tengah, Nur Hadi Amiyanto di Semarang, kemarin mengungkapkan ribuan siswa berbagai SMP dan sederajat di Jawa Tengah absen atau tidak mengikuti pelaksanaan UN ulang 2010. Ia menyebutkan peserta yang absen hari pertama, Senin (17/5) sebanyak 2.598 siswa, hari kedua 2.142 siswa, hari ketiga 2.292 siswa, dan hari terakhir sebanyak 3.147 siswa.


Sumber
Solopos.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Poskan Komentar