Mahasiswa diajak kritisi konstutusi dan UU

Solo (Espos)–Mahasiswa diajak untuk mengkritisi persoalan dan isu terkini terkait permasalahan di dalam tubuh konstitusi negara dan peraturan Undang-Undang (UU) yang berdampak luas terhadap masyarakat

Kekritisan itu yang diharapkan muncul dalam lomba debat antar universitas yang berada di region III, Jawa Tengah-DIY, yang digelar Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi mulai Senin-Rabu (24-26 Mei)

Beberapa tema debat yang diangkat dalam lomba itu di antaranya penggunaan kartu tanda pengenal (KTP) pada pemilihan umum daerah (Pilkada), menelisik UU Agama hingga Badan Hukum Pendidikan (BHP).

Menurut Ketua Panitia, Bambang Santosa, sedikitnya ada 12 perguruan tinggi di wilayah Jateng dan DIY yang meramaikan lomba debat tersebut, di antaranya Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Dia mengatakan, tidak semua perguruan tinggi dapat mengikuti acara tersebut karena perwakilan masing-masing perguruan tinggi itu secara langsung ditunjuk oleh MK, selaku penyelenggara.

“Dalam hal ini MK berupaya mensosialisasikan kepada mahasiswa mengenai ketentuan hukum dan bagaimana mereka dapat menawarkan solusi secara tepat,” jelas dia ketika dijumpai Espos, Senin (24/5).

Selain itu, dia mengatakan beberapa isu up to date yang diangkat pada acara itu akan membuat mahasiswa kritis tersebut terhadap permasalahan terkini yang terjadi di sejumlah daerah. Menurutnya, dengan memiliki bekal pengetahuan mereka akan dapat menyampaikan solusi dengan cara yang santun.

“Mahasiswa harus diajak untuk terbiasa menyelesaikan persoalan secara dialogis dan berpegang dan tetap pada kaidah peraturan yang berlaku,” papar dia.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pemenang lomba debat dari lima region akan mengikuti lomba debat tingkat nasional di Jakarta. Menurutnya, perwakilan mahasiswa tersebut tidak hanya dari fakultas hukum tetapi juga dari berbagai ragam studi lainnya. “Mahasiswa dari seluruh bidang studi dapat ikut berkompetisi pada acara tahunan ini,” ungkapnya.


Sumber
Solopos.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Posting Komentar