PEMKOT DEPOK AKAN BANGUN JALUR SEPEDA

Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, berencana membangun jalur sepeda di Jalan Margonda Raya yang merupakan jalan utama di kota yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta tersebut.
"Pembangunan jalur sepeda untuk mengurangi tingkat pemanasan global," kata Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail di Depok, Rabu.

Ia mengatakan walaupun jalan tersebut sempit, namun masih ada ruang selebar dua meter di kiri dan kanan Jalan Margonda Raya yang akan dimanfaatkan sebagai jalur sepeda.
"Untuk realisasi kemungkinan pada tahun 2011 baru bisa digunakan," katanya.
Untuk saat ini Pemerintah sedang melakukan pelebaran Jalan Margonda yang akan rampung di akhir tahun 2010. "Sekarang fokus dulu dengan pelebaran jalan," jelasnya.
Menurut dia, pihaknya akan membersihkan trotoar dan sepanjang Jalan Margonda dari pedagang kaki lima (PKL) yang dapat mengganggu jalur sepeda. Saat ini, kata Nurmahmudi, Dinas Pekerjaan Umum juga masih melengkapi perangkat utilitas pada proyek pelebaran jalan Margonda.
Wali Kota mengimbau PNS yang rumahnya dekat dengan kantor untuk bersepeda ke kantor. "Saya pun juga siap saja Bike to Work, hanya didampingi Patwal bermotor atau tak didampingi juga tidak apa-apa," katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pemantauan Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Lies Karmawati meminta tiap-tiap kecamatan di Kota Depok mempersiapkan satu lokasi bebas kendaraan untuk mengantisipasi pencemaran udara di kota tersebut.
Ia mengatakan hingga saat ini tingkat pencemaran udara di Kota Depok masih cukup rendah. Pencemaran udara atau polusi tertinggi terdapat di Jalan Margonda Raya, karena tingkat kepadatan lalu lintasnya yang sangat tinggi.
"Meskipun di Margonda yang paling tinggi dan sudah diprogramkan (pemerintah) provinsi, tapi kita tidak bisa melaksanakan Car Free Day di sana, karena tidak ada akses alternatif. Karenanya kita mendorong tiap-tiap kecamatan untuk memersiapkan lokasi bebas kendaraan," ujarnya.
Dia menegaskan masih baiknya udara di Depok juga dibuktikan dari hasil uji emisi terhadap 600 kendaraan bulan lalu, 70 persen diantaranya lulus uji emisi. Sementara sisanya mendekati batas standar baku mutu udara Kota Depok yang berada di kisaran angka 5.

Sumber
Depok, 28/4 (ANTARA)

0 komentar:

Poskan Komentar