Pasca Lulusan, Permintaan Kartu Kuning Mulai Meningkat

Pasca pengumuman Ujian Nasional, minat masyarakat Temanggung mencari kartu pencarai kerja (AK1) atau kartu kuning meningkat. Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kabupaten Temanggung mencatat saat ini permintaan kartu kuning naik 5 hingga 6 orang dibanding hari biasanya.

Kepala Bidang Penempatan dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Temanggung Ripto Susilo mengatakan permintaan kartu kuning saat ini masih didominasi lulusan universitas baik strata 1 maupun program diploma, untuk mencari pekerjaan di beberapa kota industri dan pusat perekonomian.

" Paska kelulusan SMA/SMK, permintaan AK1 akan didominasi oleh mereka," katanya, Selasa (27/4).

Syarat pembuatan AK1, ujarnya, bisa menggunakan surat keterangan lulus dari sekolah, sebelum ijazah dikeluarkan, yang biasanya jadinya sampai beberapa minggu.

Dikemukakan lulusan baru tersebut membuat AK1, untuk mencari pekerjaan di beberapa kota besar dan sebagai syarat pelampiran lamaran pekerjaan pada perusahaan dari program kerjasama antara perusahaan dengan pihak sekolah.

Berdasar catatan, jumlah kartu kuning yang telah dikeluarkan pada bulan April hingga kemarin, sebanyak 95 lembar. Sedangkan bulan Januari 165 lembar, Februari 156 lembar dan Maret 143 lembar.

Sementara untuk menyerap tenaga kerja, selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (28-29/4), pihaknya akan digelar Temanggung Job Fair di Balai Latihan Kerja jalan Gajah Mada Temanggung. Telah ada 20 perusahaan yang mendaftar ikut untuk merekrut tenaga kerja, mereka dari perusahaan kelapa sawit, garmen, perkayuan, lembaga pendidikan dan retail.

" Yang berminat, bisa datang dengan lamaran lengkap, foto, daftar riwayat hidup dan langsung tes wawancara," katanya, sembari menyatakan job fair dibuka jam 08.00 hingga 15.00. (Osy)


Sumber
TEMANGGUNG (KRjogja.com)

0 komentar:

Poskan Komentar