PELAJAR PENGGUNA NARKOBA DI BEKASI MENINGKAT

Jumlah pelajar di Kota Bekasi yang menjadi pengguna narkoba dan tertangkap tangan saat ada razia ataupun penggerebekan terus meningkat dari 60 orang pada 2008 menjadi 72 orang pada 2009.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Narkotika Kota Bekasi Encu Hermana di sela kegiatan sosialisasi pencegahan narkoba bagi siswa dan mahasiswa di Bekasi, Kamis, mengatakan, peningkatan jumlah pelajar yang tertangkap sebagai pengguna mengindikasikan telah terjadi peningkatan penggunaan narkoba pada siswa SMU dan SMK.
Kasus narkoba secara umum pada 2008 sebanyak 417 kasus dengan tersangka 461 orang dan 2009 menjadi 560 kasus dengan 645 tersangka.

Sedangkan barang bukti yang dimusnahkan mencapai ribuan kilogram ganja, puluhan ribu pil ekstasi, ratusan bong sabu-sabu, serta beberapa gram heroin. Jenis narkoba yang banyak digunakan oleh siswa berupa ganja sementara jenis lain seperti ekstasi, sabu dan heroin sangat sedikit.

Dalam menekan penggunaan narkoba dan menumbuhkan kesadaran akan bahaya narkoba, pihaknya pada 2010 lebih menekankan pada pencegahan dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan bahkan mulai tingkat sekolah dasar dengan pertimbangan mereka telah dijadikan target melalui permen mengandung narkoba.

"Dari sosialisasi itu siswa jadi tahu bahaya menggunakan narkoba begitu juga modus yang dilakukan pengedar dalam membujuk siswa mengkonsumsi narkoba. Narkoba telah diingatkan nikmatnya sesaat dan sejenak sementara akibatnya sangat luar biasa dan bahkan kematian," ujarnya.

Dalam kegiatan "road show" ke sekolah-sekolah terlihat tumbuhnya kesadaran untuk menghindari dari penggunaan narkoba serta kesadaran mengisi waktu luang dengan kegiatan positif seperti berolahraga ataupun kegiatan lain yang bermanfaat.
"Pada setiap kegiatan di kecamatan, kita juga sudah meminta agar diselipkan bahaya narkoba termasuk kepada orang tua dalam mengenali anak yang mulai menjadi pengguna narkoba serta kiatnya agar anak terhindar dari narkoba," ujar Encu.

Kepala Seksi Penindakan BNK Kota Bekasi Agustin menyatakan setiap tiga bulan sekali diadakan razia di sekolah-sekolah untuk mencegah dan menangkap pengguna narkoba.


Sumber
Bekasi, 29/4 (ANTARA)

0 komentar:

Poskan Komentar