Didukung INTEL Indonesia Corporation, SUPERPEDIA Ingin Jadi yang Terlengkap

Selama 1 tahun ke depan, anda akan melihat logo INTEL pada halaman-halaman SUPERPEDIA di http://superpedia. rumahilmuindonesia.net - Hal ini karena INTEL Indonesia Corporation menjadi korporasi pertama yang mendukung pengembangan Rintisan Kamus Pendidikan Terlengkap dan Gratis Berbahasa Indonesia ini. Dukungan berupa pembiayaan hosting selama 1 (satu) tahun penuh ini sangat berarti, karena selama 1 tahun lebih keberadaannya, SUPERPEDIA hanya mengandalkan donasi komunitas SUPERPEDIAN.

Bagaimana pentingnya dukungan korporasi seperti INTEL Indonesia dalam proyek SUPERPEDIA, berikut petikan wawancara dengan Pembina Yayasan Rumah Ilmu Indonesia, Reza Ervani

Bagaimana sesungguhnya pengaruh penting dukungan INTEL Indonesia Corp. terhadap proyek SUPERPEDIA ?
Bismilahirrahmanirr ahiim.
Alhamdulillah. Dukungan pembiayaan hosting selama 1 (satu) tahun oleh INTEL Indonesia ini menjadi berita membahagiakan bagi SUPERPEDIA di awal tahun 2010 ini. Setelah berjalan selama 1 tahun 3 bulan, kebutuhan kapasitas SUPERPEDIA menjadi semakin besar, baik dari sisi kapasitas server untuk menampung database entri yang semakin banyak, juga kapasitas bandwidth untuk mengatasi kunjungan yang semakin tinggi. Desember lalu, kunjungan di SUPERPEDIA sudah melewati angka 300.000 hits per bulan dengan lebih dari 10.000 pengunjung unik. Dukungan INTEL ini memungkinkan kami untuk melakukan migrasi ke server yang lebih besar 2 atau 3 bulan yang akan datang.

Selain itu, dukungan ini sangat membanggakan, karena ternyata apa yang kita rintis selama setahun terakhir tidaklah berjalan sendiri. Selain ada komunitas SUPERPEDIAN yang selama ini mendukung dengan donasi dan pengayaan entri, kini ada perusahaan besar sekelas INTEL yang juga ternyata peduli dengan proyek ini. Hal ini tentu menambah semangat para pengurus Rumah Ilmu Indonesia untuk terus bekerja dengan lebih baik.

Apa yang menjadi visi dari SUPERPEDIA ?
SUPERPEDIA sebenarnya adalah satu diantara beberapa rencana pengembangan repositori edukasi di Rumah Ilmu Indonesia. Repositori edukasi yang kami maksud adalah koleksi materi-materi yang bisa bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia.

Selain SUPERPEDIA, yang sebenarnya sedang dikembangkan di Rumah Ilmu Indonesia ada beberapa hal lagi, sebut saja Sekolah Terbuka yang berisikan koleksi soal-soal yang bisa dikerjakan secara online dan gratis - diharapkan bisa menjadi cikal bakal ujicoba try out lintas sekolah lintas daerah. Lalu ada pula Perangkat Pustaka Digital dan Otomasi Perpustakaan Rumah Ilmu (RAPTOR), yang merupakan lanjutan dari pengembangan perpustakaan digital Rumah Ilmu pada tahun 2007 yang lalu dan yang bulan ini siap untuk diuji coba ada Sentra Kliping Elektronik Rumah Ilmu Indonesia.

SUPERPEDIA dan proyek-proyek lainnya saling berkaitan dan saling membutuhkan. Selama ini proyek-proyek nirlaba ini berjalan lambat karena keterbatasan dana dan fasilitas di Rumah Ilmu Indonesia. Sambil perlahan mengerjakan terus proyek-proyek tersebut, kami juga harus berupaya mencari dukungan dana agar tidak terhenti di tengah jalan. Dukungan INTEL ini menyebabkan kami bisa memberikan fokus lebih pada proyek lain, setelah selama ini hanya berfokus di SUPERPEDIA. Yang siap diuji coba bulan ini adalah Sentra Kliping Elektronik. Visi dan Misinya sederhana saja, yakni membangun sebuah koleksi materi pendidikan terlengkap Berbahasa Indonesia yang bisa diakses gratis, bisa didistribusikan dengan media apa saja selain internet dan ringan karena berbasis teks

Maksudnya didistribusikan dengan media selain Internet ?
SUPERPEDIA dan proyek repositori pendidikan yang dikembangkan oleh Rumah Ilmu Indonesia itu bisa dikemas dalam bentuk CD, DVD, Flash Disk hingga Memory Card untuk dibagikan ke tempat-tempat yang minim koneksi internet.

Selama ini kami juga "menjual" media itu untuk membantu pendanaan hosting SUPERPEDIA. Dan dukungan INTEL Indonesia membuat harga media itu turun menjadi lebih murah, karena setidaknya selama 1 tahun ke depan pos dana untuk pembayaran hosting sudah tertutupi.

Apa Mimpi dan Harapan Anda ke Depan ?
Harapan pertama tentu, semakin banyak perusahaan-perusaha an besar yang mau membantu pengembangan SUPERPEDIA dan proyek-proyek lain di Rumah Ilmu Indonesia. Semakin banyak pula individu yang peduli dengan proyek-proyek nirlaba ini, yang dibuktikan nyata, baik dengan donasi materi atau wakaf ilmu pengetahuan. Karena bagaimanapun juga, selain dana untuk hosting, ada fasilitas yang sangat berpengaruh bagi "kecepatan" pengembangan proyek. Komputer, scanner, modem internet, biaya bulanan internet, buku-buku juga masihlah sangat terbatas dan membutuhkan banyak bantuan.

Harapan kedua, saya bermimpi kita bisa lebih produktif di depan internet. Jika waktu berselancar di facebook bisa kita sisihkan sedikit untuk menulis pengetahuan di SUPERPEDIA walau hanya satu entri - misalnya - akan sangat berpengaruh bagi ketersediaan konten pendidikan lokal di masa yang akan datang. Keberadaan komunitas ini menjadi solusi utama keterbatasan- keterbatasan tadi. Tanpa ini sulit rasanya bagi SUPERPEDIA dan proyek lain di Rumah Ilmu Indonesia untuk berkembang.

Di akhir, izinkan saya menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada seluruh SUPERPEDIAN dan komunitas Rumah Ilmu Indonesia yang telah berperan besar menumbuhkan proyek ini. Penghargaan luar biasa juga saya sampaikan, atas nama Rumah Ilmu Indonesia kepada INTEL Indonesia Corporation, khususnya Bapak Arya Sanjaya, atas dukungannya pada SUPERPEDIA. Semoga kita bisa bergerak bersama mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik. Amin


SUPERPEDIA dapat diakses bebas di http://superpedia. rumahilmuindonesia.net

0 komentar:

Poskan Komentar