Pustakamaya Kotamobagu

Alhamdulillah hari Jumat tanggal 22 Januari 2010 telah selesai dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi ICT Innovation on Education - AIP (Australia Indonesia Partnership) , yang dilaksanakan oleh MCPM-AIBEP dan Biro PKLN Depdiknas Jakarta, Pihak MCPM-AIBEP diwakili oleh Mr. Matthew Forbes dan Mr. Darius Kabanga sedangkan pihak Biro PKLN Depdiknas diwakili oleh Bp. Willem dan Bp. Nuruddin serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kotamobagu diwakili oleh Bp. Rastono.

Kegiatan Monev dilaksanakan sehubungan dengan telah selesainya kegiatan penyerahan hasil pekerjaan Pengembangan Aplikasi Pustakamaya dan Pelatihan di Kotamobagu-Sulawesi Utara (http://pustakamaya .kotamobagu. org) pada tanggal 13 Januari 2010 di Jakarta.
Kegiatan monev dilaksanakan sejak Kamis tanggal 21 Januari 2010 bertempat di ICT Center Kotamobagu kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke 2 (dua) sekolah client ICT Center yakni SMP Negeri 4 Kotamobagu dan MTs Negeri Kotamobagu. Kegiatan hari pertama berjalan dengan baik dan lancar.
Kegiatan dilanjutkan pada hari Jumat tanggal 22 Janurai 2010 dengan mengunjungi 1 (satu) sekolah client ICT Center yakni SMA Negeri 4 Kotamobagu sekaligus mengakhiri kegiatan Monev.
Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Monev berjalan dengan baik dan lancar serta menghasilkan kesimpulan bahwa kegiatan Pengembangan Aplikasi Pustakamaya dan Pelatihan di Kotamobagu berjalan baik dan dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas belajar mengajar di Kotamobagu dan sekitarnya.
Tujuan dikembangkannya pustakamaya adalah

1. Pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun sejak 2003 (WAN Kota, ICT Center, Jardiknas) sehingga diharapkan infrastruktur yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.
2. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pembelajaran di Kotamobagu dan sekitarnya
3. Memenuhi kebutuhan akan bahan belajar dan informasi pendidikan lainnya
4. Menumbuhkan motivasi bagi para guru agar dapat meningkatkan kualitas dalam mengembangkan dan menyiapkan bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi informasi

Pustakamaya Kotamobagu dapat diakses pada http://pustakamaya. kotamobagu. org merupakan portal perpustakaan digital yang seluruhnya dibuat menggunakan software open source dan memanfaatkan fasilitas infrastruktur yang ada di ICT Center Kotamobagu serta dapat dimanfaatkan oleh seluruh client yang terkoneksi melalui WAN Kotamobagu (Jardiknas) dan ISP lainnya.
Pustakamaya Kotamobagu berisi materi-materi pembelajaran yang diperuntukkan bagi seluruh jenjang pendidikan mulai dari SD/MI, SLTP (SMP/MTs), SLTA (SMA/SMK/MA) . Seluruh konten terdiri dari konten-konten yang berasal dari Internet dan sekolah-sekolah di sekitar kotamobagu yang dikumpulkan dan di upload ke pustakamaya.
Pengumpulan konten dilakukan oleh Tim Pengembang serta yang dilakukan sendiri oleh user pustakamaya yang memiliki akses sebagai Author (user yang teregister terdiri dari guru-guru dan siswa yang ada di kotamobagu dan sekitarnya).
Kami sangat menyadari kekurangan-kekurang an yang ada baik sistem maupun dari segi konten serta masih banyaknya guru-guru yang belum dapat mengoperasikan komputer ataupun mengenal internet/intranet sehingga program kami ke depan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat akan melaksanakan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, namun paling tidak kami dapat memberikan sesuatu manfaat dan optimalisasi dari infrastruktur yang selama ini telah diberikan oleh Pemerintah.
Saat ini Dinas Pendidikan setempat telah membangun satu BTS yang akan mengkoneksikan sekolah-sekolah yang belum memiliki koneksi internet dan menyediakan Webserver untuk pustakamaya dan konten lainnya.
Dalam menyempurnakan pustakamaya ini kami sangat mengharapkan masukan dari seluruh anggota milist baik berupa saran terlebih masukan berupa konten-konten pembelajaran demi memperkaya konten pustakamaya.
Demikian informasi yang dapat kami berikan dari pedalaman sulawesi utara.
Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Australia melalui MCPM-AIBEP dan Pemerintah Indonesia melalui Biro PKLN Depdiknas atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami dalam mengembangkan Pustakamaya di Kotamobagu. Tentu ini bukan akhir dari kegiatan namun merupakan langkah awal dalam tujuannya meningkatkan kualitas pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Terima kasih pada Bapak Kepala SMK Cokroaminoto Kotamobagu Bp. Aria Sukma Malah, ST. atas kesempatan dan dukungan bagi Tim ICT Center Kotamobagu dalam mengembangkan program ini serta Kepada pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kotamobagu atas supportnya sejak awal mulai dari seleksi sekolah (client) sampai pada tahap sosialisai dan pelatihan serta penyediaan webserver.
Terima kasih pula kepada seluruh Tim ICT Center Kotamobagu atas kerja kerasnya dalam mensukseskan program ini, Good Work Team.


Salam hangat dari Kotamobagu
ICT Center
Project Manager
Muhammad Fadly Atjo, ST.
081340106028
http://pustakamaya. kotamobagu. org

0 komentar:

Poskan Komentar