PENDIDIKAN GRATIS DORONG PENINGKATAN PARTISIPASI SEKOLAH ANAK

Program pendidikan gratis yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel berhasil mendorong peningkatan partisipasi sekolah, khususnya di tingkat sekolah dasar (SD), hingga 91,43 persen. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Senin, mengatakan, selain mendorong peningkatan partisipasi sekolah, program ini juga mendukung peningkatan anggaran pendidikan di setiap kabupaten dan kota.

"Sebelum ada program pendidikan gratis, anggaran pendidikan berada di bawah angka 10 persen. Kini, setelah ada program tersebut anggaran naik di atas 10 persen, bahkan ada yang mencapai 20 persen," jelasnya. Hasil evaluasi lainnya dari program ini adalah berkurangnya beban biaya pendidikan hingga Rp1,850,000 per anak di tingkat SD dan sederajat.

Angka putus sekolah juga mengalami penurunan dari 2,36 persen menjadi 2,10 persen untuk tingkat SD dan 1,55 persen untuk sekolah menengah pertama (SMP) dari angka 1,86 persen. Program ini juga memberikan dampak yang cukup signifikan pada tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) yang merangka naik dari 95 persen ke 97 persen.
Terkait, kritikan-kritikan yang mengenai program ini dan ditemukannya sejumlah kegagalan di tingkat kabupaten dan kota, ia mengharapkan keterlibatan semua pihak untuk ikut mengawasi program ini.

"Saya tidak mendengar ada kekurangan pada sistem ini, kalaupun ditemukan kasus, kami telah menandatangani kerja sama dengan kejaksaan untuk langsung menanganinya, " ujarnya. Ia menambahkan, kabupaten dan kota lebih banyak berpartisipasi karena di tingkat tersebut lebih banyak yang menikmati dan semua di bawah koordinasi pemerintah provinsi.


Sumber
Makassar, 12/4 (ANTARA)

0 komentar:

Poskan Komentar