Microsoft Gandeng IGI, Latih Ribuan Guru

Jakarta- Ikatan Guru Indonesia (IGI) kembali menunjukkan kiprahnya dalam meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Sekjen IGI Moh. Ihsan mengatakan, IGI sedang menjalin kesepakatan dengan Microsoft Indonesia untuk meningkatkan mutu guru Indonesia melalui pelatihan teknologi informasi. “Guru sangat memerlukan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi. Perubahan teknologi ini sudah sedemikan cepat dan guru tertinggal dalam menguasai bidang teknologi ini.

Itu sebabnya kami menjalin kerjasama dengan Microsoft Indonesia. Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak, termasuk Kementerian Pendidikan Nasional untuk merealisasikan kerjasama ini,” tegas Sekjen Moh. Ihsan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (9/3).

Menurut Ihsan, Microsoft berkomitmen memberikan pelatihan sekitar empat ribu guru se-Indonesia selama setahun ini. “Komitmen ini sudah dinyatakan kepada kami. Draf perjanjian kerjasamanya sedang kami finalisasi,” tandas Ihsan bangga. Baginya, komitmen ini merupakan angin segar bagi guru Indonesia untuk meningkatkan kompetensinya.

Microsoft akan mengerahkan master teacher-nya untuk melatih guru-guru di Indonesia. IGI tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk membayar para master teacher itu. “Ini murni kepedulian Microsoft untuk meningkatkan mutu guru Indonesia di bidang TIK (teknologi informasi dan komunikasi). Yang menggembirakan, Microsoft sangat terbuka terhadap penggunaan open source. Mereka tidak memaksakan diri untuk memakai
software-nya. Ini sesuai dengan prinsip IGI,” tambah Ihsan.

Moh Ihsan berharap bulan ini seluruh rumusan kerjasama bisa segera diteken. Selanjutnya, mulai April nanti, pelatihan TIK bisa segera dilaksanakan. Dia berharap seluruh guru di Indonesia bisa memanfaatkan momentum perubahan ini. “Guru harus menguasai teknologi agar tidak tertinggal,’ ujar Ihsan optimis. (her)

Sumber
www.klubguru.com

0 komentar:

Posting Komentar