Ada Laporan, Guru Bagikan Jawaban UN ke Siswa

Salah seorang anggota Komisi X dari F-PKS DPR RI Ahmad Zainuddin mengaku mendapat laporan bahwa soal ujian nasional (UN) bocor ke tangan guru lalu jawaban disebarkan kepada peserta ujian. Menurut laporan itu, lanjut Zainuddin, bocoran soal dilakukan secara masif dan terorganisasi dengan rapi.

"Saya mendapat informasi dari seorang guru di daerah Bekasi bahwa ada indikasi UN berjalan tidak jujur, guru tersebut melaporkan adanya kebocoran soal dan kemudian kunci jawaban diberikan kepada peserta ujian," ungkap Zainuddin kepada Persda Network, Selasa (23/3/2010) melalui e-mail.

Ahmad Zainuddin yang juga salah satu Ketua DPP PKS mendapat laporan tersebut dari salah seorang guru saat mengunjungi pelaksanaan UN di salah satu SMU negeri di Jakarta Timur, Senin (22/3/2010). Bapak dari dua anak ini menceritakan, soal UN diambil di sekolah rayon pukul 01.00 dinihari oleh perwakilan guru sekolah dengan pengawalan polisi. Dari soal tersebut, guru kemudian mengerjakan soal tersebut dengan mencatat jawabannya. Jawaban itulah yang kemudian didistribusikan kepada peserta ujian melalui perwakilan masing-masing kelas.

Ahmad Zainuddin menambahkan, pihaknya akan memeriksa laporan ini. Jika memang betul terjadi rekayasa dan kecurangan, pemerintah harus menindak tegas oknum yang melakukan pelanggaran itu. Meski belum dapat dibuktikan, imbuh Zainuddin, ini merupakan suatu tanda ada yang tidak beres dengan sistem pendidikan Indonesia. Sejak awal, sebelum pelaksanaan UN, F-PKS menginginkan adanya perbaikan standardisasi pendidikan nasional.

"Sudah banyak yang memprediksi hal ini akan terjadi. Bahkan, media sudah mewanti-wanti jika kebocoran selalu akan terjadi. Kita akan evaluasi mendalam ujian tahun ini, semoga ke depan bisa lebih baik," pungkas Zainuddin.


Sumber
JAKARTA, KOMPAS.com

0 komentar:

Poskan Komentar