2010, 50 Ribu Guru Indonesia 'Melek' IT

SUKABUMI - Intel bekerjasama dengan IGI (Ikatan Guru Indonesia) menargetkan 50 ribu guru di Indonesia harus melek IT tahun ini.

"Pernah saat mengadakan pelatihan untuk 500 guru, 200 di antaranya belum pernah memegang komputer," kata salah satu anggota IGI, Satria Dharma di acara Intel Media Camp di Sukabumi, Selasa (6/4/2010) kemarin.

IGI, yang berawal dari kumpul-kumpul komunitas guru berinisiatif melakukan kerjasama dengan Intel untuk mengadakan program pelatihan ITC untuk guru.

Dikatakan anggota IGI lainnya, Mohammad Ihsan, guru yang mendapatkan pelatihan ICT dari Intel dan IGI ini memang terbilang masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah guru yang ada di seluruh Indonesia.

"Ada 2,7 juta guru di Indonesia. Yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 33 ribu. Memang masih terbilang kecil, tapi yang kami harapkan guru-guru ini bisa menginspirasi guru lainnya untuk mau berubah dan berkembang," kata Ihsan.

Kerjasama ini merupakan bagian dari wujud kontribusi Intel dalam hal pendidikan. Setiap tahunnya, Intel menyisihkan investasi sebesar USD100 juta untuk memfasilitasi pengembangan ICT di lingkungan pendidikan, di 50 negara termasuk Indonesia.

Bersama-sama dengan IGI, tahun lalu Intel memberikan pelatihan ICT kepada 33 ribu guru di seluruh Indonesia. Tahun ini, seperti dikatakan Country Manager Intel Indonesia, Budi Wahyu Jati, baik Intel maupun IGI menargetkan ada 50 ribu guru yang mendapatkan pelatihan ICT.

"Selain memfasilitasi pelatihan ICT, melalui program ini Intel juga memberikan donasi PC, mengadakan kompetisi implementasi ICT dalam pengajaran dan mendukung program kepemilikan komputer untuk guru," tandas Budi. (srn)


Sumber
http://m.okezone. com/read/ 2010/04/07/ 55/320006

0 komentar:

Poskan Komentar